logo Dokumen mengenai Pembangunan di Papua
Documents about Development in Papua
honai/home page

WATCH Project, Jayawijaya (1991-2000)

Pengantar
Jayawijaya WATCH (Women and Their Children’s Health) Project telah diimplementasikan lebih dari 9 tahun danmendapat dukungan dana dari Pemerintah Australia dalam hubugan kerjasama dengan Pemerintah Indonesia. Proyek dimulai pada pertengahan tahun 1991 dan secara langsung memberikan manfaat pada sekitar 27.000 penduduk dalam 3 fase kegiatan proyek.
Esensi proyek adalah perhatian pada Pelayanan Kesehatan Dasar, khususnya bagi Ibu dan Anak. Proyek bertujuan bukan hanya membantu masalah-maslah kesehatan klinis saja melainkan juga akar masalah pelayanan kesehatan dasar seperti kemiskinan, peran jender yang timpang dan pengorganisasian yang lemah di tingkat masyarakat.
Proyek berkedudukan di Wamena, ibu kota kabupaten Jayawijaya, di daerah pegunungan tengah propinsi Irian Jaya.
CD-Rom ini dimaksudkan untuk mengumpulkan sekian banyak dokumen yang dimiliki proyek sehingga dapat memberikan gambaran proyek bagi pembacanya. Dari standar AusAID, proyek ini tidak masuk dalam kategori proyek besar tetapi usia proyek ini cukup panjang dan banyak uji coba baru yang diterapkan. Proyek ini juga turut mempengaruhi perubahan pemikiran dan kebijakan di Depkes Jakarta. Sebagaimana halnya dalam sektor kesehatan, proyek ini dapat disebut sebagai model dari pendekatan alternatif dalam pelayanan kesehatan dasar, terutama dalam memadukan berbagai kegiatan yang luas dan memahami ke’khas’an yang ada disetiap wilayah dalam Republik Indonesia.
CD-Rom ini memuat kumpulan dokumen proyek yang mungkin akan diminati oleh fasilitator Pengembangan Masyarakat atau siapapun yang mempunyai perhatian khusus pada masyarakat Irian Jaya. CD-Rom memuat antara lain dokumen tentang disain proyek, laporan konsultan, survei dan kegiatan proyek dalam gambar/foto. Tidak semua dokumen termuat disini dan tidak semua dokument dapat disimpan dalam CD-Rom mengingat keterbatasannya. Informasi lebih lanjut untuk mendapatkan dokumen-dokumen yang dimaksud silakan menghubungi alamat dibawah ini:
The Indonesia Section
AusAID
PO BOX 887
Canberra ACT 2600
AUSTRALIA
Indonesia Program Officer
World Vision Australia
GPO Box 399C
Melbourne VIC 3001
AUSTRALIA
Operations Director
World Vision International Indonesia
Tromol Pos 3532
Jakarta 10002
INDONESIA



  © Copyright UNIPA - ANU - UNCEN PapuaWeb Project, 2003.