SAMBUTAN REKTOR PADA UPACARA

DIES NATALIS PERTAMA DAN WISUDA LULUSAN PROGRAM SARJANA DAN PROGRAM DIPLOMA UNIVERSITAS NEGERI PAPUA

SEMESTER GASAL 2001/2002 TANGGAL 3 NOPEMBER 2001


Yth. Gubernur Propinsi Papua

Yth. Ketua DPRD Propinsi Papua

Yth. Muspida dan Pejabat Teras Propinsi Papua

Yth. Rektor Beserta Anggota Senat Universitas Cenderawasih

Yth. Bupati Kabupaten Manokwari

Yth. Ketua dan Para Wakil Ketua DPRD Kabupaten Manokwari

Yth. Muspida danPejabat Teras Kabupaten Manokwari

Yth. Anggota Senat Antar Waktu Universitas Negeri Papua

Yth. Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta se Kabupaten Manokwari,

Sivitas Akademika UNIPA yang saya kasihi,

Wisudawan, Wisudawati beserta Anggota Keluarga yang Berbahagia

Yth. Tamu Khusus Universitas Negeri Papua Bapak Melky Goeslaw dan

Ir. L. Rumadas, M.Si Pencipta dan Penyumbang Hymne Universitas Negeri Papua.


Hadirin dan undangan Sekalian Yang Saya Muliakan.

Mengawali sambutan ini perkenankan saya mengajak hadirin sekalian untuk memanjatkan rasa syukur kita ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan Rahmat dan kemurahanNya sehingga pada hari ini kita dapat hadir bersama-sama di tempat ini (Aula Universitas Negeri Papua) untuk mengikuti Rapat Terbuka Senat Universitas Negeri Papua dalam rangka Dies Natalis Pertama, Wisuda Lulusan Sarjana dan Diploma semester gasal Tahun Akademik 2001/2002.

Hadirin dan Undangan sekalian yang saya hormati,

Satu tahun yang lalu, tepatnya tanggal 3 November 2000, Fakultas Pertanian Universitas Cenderawasih mendapat persetujuan dari Presiden Republik Indonesia berdasarkan Surat Keputusan (SK) Presiden Nomor 153 tanggal 3 November 2000 untuk ditingkatkan statusnya dari Fakultas menjadi Universitas yang diberi nama Universitas Negeri Papua (UNIPA) dan peresmiannya dilakukan pada tanggal 28 Juli 2001 yang lalu. Berkenaan dengan persetujuan dan peresmian tersebut, maka beberapa tugas pokok yang perlu dilaksanakan yaitu menyiapkan Statuta (Anggaran Dasar), penyusunan Organisasi dan Tata Kerja (OTK), menetapkan Lambang Universitas, Hymne Universitas, Pelimpahan/Pengalihan Aset milik Faperta Uncen kepada Universitas Negeri Papua, Pemantapan Program Studi sebagai persyaratan dasar bagi pendirian Fakultas, Pembentukan Senat Fakultas, Pemilihan Para Dekan, Pembentukan Senat Universitas, Pemilihan Rektor, Penetapan Para Pembantu Rektor, Penetapan Para Kepala Biro, Kepala Lembaga, Pusat-Pusat Penelitian dan Perangkat Penunjang lainnya, Persiapan Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2002/2003 sesuai jumlah prorgam studi yang diberi izinnya, Pemantapan Sarana dan Prasarana serta berbagai kegiatan lainnya dalam pengembangan Universitas Negeri Papua ke depan.

Saat ini Universitas Negeri Papua mendapat kepercayaan pemerintah berdasarkan Surat Keputusan/SK Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 2358/D/T/2001 Tanggal 11 Juli 2001 untuk menyelenggarakan Pendidikan Strata Satu Program Studi (PS) Pemuliaan Tanaman, PS. Hortikultura, PS. Ilmu Tanah, PS. Hama dan Penyakit Tumbuhan, PS. Penyuluhan Pertanian, PS. Biologi, PS. Fisika, PS. Matematika, PS. Kimia dan SK Nomor 3117/D/T/2001 Tanggal 26 September 2001 untuk menyelenggarakan Pendidikan Strata Satu Program Studi (PS) Ilmu Tanah, Ilmu Kelautan, Teknologi Hasil Pertanian, Teknologi Hasil Hutan, PS. Bahasa dan Sastra Inggris, PS. Manajemen Hutan, PS. Nutrisi dan Makanan Ternak, PS. Ekonomi Pembangunan dan PS. Manajemen Sumberdaya Perairan. Secara keseluruhan sampai ini telah diberi izin untuk menyelenggarakan 26 Program Studi yang merupakan dasar pembentukan Fakultas Pertanian, Fakultas Peternakan, Fakultas Kehutanan, Fakultas Perikanan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Teknologi Pertanian, Fakultas Ekonomi dan Fakultas Sastra.

Hadirin dan Undangan sekalian yang saya hormati,

Untuk diketahui bahwa kini Universitas Negeri Papua memiliki tenaga penunjang akademik sejumlah 196 orang (tenaga administrasi, teknisi, laboran dan pustakawan), jumlah mahasiswa yang terdaftar pada semester gasal tahun ajaran 2001/2002 sebanyak 2415 orang, terdiri dari 1849 orang mahasiswa pada jenjang S-1 dan 566 orang pada jenjang S-0 (Diploma) yang diasuh oleh 187 orang staf pengajar tetap. Dari 187 orang staf pengajar tersebut terdiri dari 47 orang S-1, 129 orang S-2 dan 11 orang S-3. Saat ini tercatat 19 orang S-1 yang studi lanjut untuk S-2 dan 17 orang untuk S-3. Ini berarti tiga tahun dari sekarang struktur staf pengajar akan berubah dari 47 S-1 menjadi 28 orang, 129 S-2 menjadi 131 orang dan 11 orang S-3 menjadi 28 orang. Dengan demikian rasio tenaga dosen dan mahasiswa adalah 1 : 12,9. Suatu rasio yang sangat ideal bagi sebuah perguruan tinggi yang mengasuh bidang ilmu-ilmu pengetahuan alam (basic sciences).

Hadirin dan Undangan sekalian yang saya hormati,

Di sisi lain baru saja kita menyaksikan pemberian ijazah serta pelantikan dan pengukuhan sarjana/lulusan program S-1 dan lulusan program Diploma/S-0 Universitas Negeri Papua pertama, semester gasal tahun akademik 2001/2002. Melalui acara ini Universitas Negeri Papua melepaskan 158 orang lulusan untuk siap mengabdikan diri pada nusa dan bangsa. Apa yang baru kita saksikan ini adalah suatu upaya dalam pemerataan pendidikan di seluruh tanah air dalam rangka meningkatkan kualitas sumberdaya manusia. Acara ini pada dasarnya ditujukan sebagai salah satu bentuk evaluasi kinerja UNIPA dan sekaligus sebagai pertanggungjawaban (akuntabilitas) dari Universitas Negeri Papua kepada masyarakat dan pemerintah atas berbagai investasi terutama sarana dan prasarana yang dipercayakan kepada UNIPA dalam proses penyelenggaraan pendidikan tinggi di tanah air kita.

Hadirin dan Undangan sekalian yang saya hormati,

Beberapa saat yang lalu telah dikukuhkan sebanyak 158 orang wisudawan dan wisudawati Universitas Negeri Papua yang terdiri dari 144 orang lulusan Program Strata Satu (S-1) dan 14 orang Program Strata Nol (S-0). Lulusan Program S-1 dengan rincian 33 orang dari Program Studi Agronomi, 25 orang dari Program Studi Sosial Ekonomi, 27 orang dari Program Studi Produksi Ternak, dan 59 orang dari Program Studi Budidaya Hutan. Lulusan Program Strata Nol (S-0) sebanyak 14 orang dari Program Studi D-3 Perkebunan. Secara keseluruhan rata-rata masa studi para lulusan adalah 5 sampai 5,6 tahun untuk S-1 dan 3,4 tahun untuk S-0.

Di sisi lain, sejak Fakultas Pertanian berada di bawah Universitas Cenderawasih (dari tahun 1964-2000) secara kumulatif sampai dengan akhir semester genap 2000/2001 telah meluluskan sebanyak 2225 orang terdiri dari 1620 Sarjana, 165 Sarjana Muda dan 440 lulusan Diploma. Para lulusan tersebut saat ini kurang lebih 70 persen bekerja instansi pemerintah, 27 persen pada perusahaan swasta, 1 persen berwira usaha dan 2 persen lainnya tidak diketahui alamatnya.

Hadirin dan Undangan sekalian yang saya hormati,

Dalam kesempatan yang berbahagia bagi para wisudawan dan wisudawati beserta seluruh keluarga, perkenankan saya atas nama Senat Universitas Negeri Papua bersama seluruh Sivitas Akademika menyampaikan selamat berbahagia atas sukses yang telah dicapai oleh para wisudawan dan wisudawati dalam menempuh pendidikan di perguruan tinggi ini. Ucapan selamat ini ditujukan pula kepada para orang tua dan sanak keluarga sekalian. Kebahagaian anda adalah kebahagiaan UNIPA, sukses anda adalah sukses UNIPA. Oleh karena itu marilah kita bersama-sama mensyukurinya sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang bagi kita sekalian.

Wisudawan dan Wisudawati yang berbahagia,

Pada saat saudara-saudara dilantik, janganlah dilihat sebagai akhir dari suatu proses pendidikan, namun sebagai awal dari suatu tanggung jawab. Tanggung jawab pada diri saudara-saudara, tanggung jawab pada keluarga dan tanggung jawab pada masyarakat, bangsa dan negara atas kewenangan yang diwujudkan dalam bentuk gelar yang saudara-saudara sandang sekarang. Saudara-saudara akan kembali ke tengah-tengah masyarakat dan bangsa yang penuh dengan berbagai persaingan dan tantangan yang tidak dapat dihindari tetapi harus dihadapi. Persaingan dan tantangan tersebut merupakan romantika dalam hidup yang harus dijalani dan harus diatasi. Persaingan dan tantangan tersebut menempa diri anda menjadi dewasa dan mantap sehingga menjadi sumberdaya manusia yang mampu bersaing dalam era globalisasi sekarang ini. Saudara-saudara harus dapat menjadi dinamisator pembangunan, sebagai inovator, dan kalau dapat, hendaklah hindari kata "bingung" dalam diri anda. Perlu disadari bahwa persaingan terhadap lapangan kerja akan semakin ketat, mengingat akan membanjirnya tenaga kerja terdidik dari luar daerah bahkan dari luar negeri. Oleh karena itu saya mengingatkan kembali, bahwa janganlah berpuas diri dengan apa yang saudara-saudara peroleh sekarang, tetapi dengan kemampuan yang saudara-saudara miliki sekarang hendaklah terus ditingkatkan untuk meraih keberhasilan, baik dalam persaingan memperoleh lapangan kerja maupun dalam menciptakan lapangan kerja sebagai wujud peran serta saudara dalam pembangunan bangsa dan negara. Hendaklah terus belajar dan saya mengajak saudara-saudara untuk tidak saja menunggu tawaran atau kesempatan yang disediakan pemerintah atau pihak lain, karena kesempatan yang demikian selalu terbatas. Gunakanlah kemampuan ilmu dan keahlian yang telah diperoleh untuk dapat bersaing secara sehat dalam meraih kesempatan kerja yang cocok bagi saudara-saudara dan juga menciptakan peluang ataupun kesempatan kerja atau berusaha bagi diri sendiri dan orang lain. Jagalah kehormatan dan nama baik saudara sebagai alumnus pertama Universitas Negeri Papua dan terus junjung tinggi nama almamater saudara. Hendaknya saudara-saudara bersikap rendah hati, hindari sikap angkuh, karena pada akhirnya masyarakat yang menguji dan menilai pengetahuan dan keahlian saudara-saudara. Pegang teguh janji wisudawan dan wisudawati yang baru saja saudara-saudara ucapkan. Wujudkan dalam sikap, tindak dan perilaku sehari-hari di tempat saudara-saudara bekerja dan mengabdi. Sekali lagi saya ucapkan selamat berbahagia atas keberhasilan yang saudara-saudara capai dari perguruan tinggi ini.

Hadirin dan Undangan sekalian yang saya hormati,

Pada akhir sambutan ini, perkenankan saya untuk menyampaikan rasa terima kasih yang setulus-tulusnya kepada : Presiden Republik Indonesia atas izin pendirian Universitas Negeri Papua, Menteri Pendidikan Nasional, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi beserta para Direktur di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Rektor, Senat serta seluruh Sivitas Universitas Cenderawasih, Gubernur beserta Wakil Gubernur, Anggota Muspida, Para Asisten, Kepala Biro dan seluruh staf dalam lingkungan PEMDA Propinsi Papua, Pangdam, Kapolda beserta jajaran TNI dan Polri, Ketua DPRD, Para Wakil Ketua, Para Ketua Komisi beserta seluruh anggota DPRD Propinsi Papua, Bupati Kabupaten Manokwari, semua Anggota Muspida serta Pejabat Teras dan seluruh staf Bupati, Ketua DPRD Kabupaten Manokwari, Para Wakil Ketua, Para Ketua Komisi dan seluruh anggota DPRD Kabupaten Manokwari, semua Bupati dan Wali Kota se Propinsi Papua yang selama ini memberikan bantuan dan dukungan pembinaan mahasiswa serta pengembangan Fakultas Pertanian Universitas Cenderawasih hingga menjadi Universitas Negeri Papua sekarang.

Ucapan terima kasih dan penghargaan yang sama disampaikan pula kepada semua pimpinan instansi pemerintah, BUMN, BUMD, Swasta, Yayasan dan Perusahaan, para Alumni serta berbagai pihak yang telah memberikan dukungan, bantuan baik dalam bentuk beasiswa, dukungan materi dan lain-lain dalam memperlancar kegiatan proses pembelajaran di Universitas Negeri Papua. Secara khusus saya menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan kepada tokoh agama, tokoh adat, pemuda dan masyarakat umum atas kerjasama dan dukungan yang telah diberikan dalam upaya peningkatan pendidikan di daerah ini.

Demikian pula pada kesempatan ini ingin saya menyampaikan rasa terima kasih kepada para Pembantu Dekan, para Ketua Jurusan, para Ketua Program Studi, para Dosen, pegawai administrasi, teknisi, laboran, pustakawan, seluruh sivitas akademika UNIPA atas kerja keras yang telah diabdikan bagi lembaga ini sehingga memungkinkan kita mewisuda para lulusan saat ini. Kepada Ibu Ir. Fenny Ismoyo, M.Sc., Ph.D., diucapkan terimakasih pula atas kesediaannya membawakan pidato ilmiah dalam acara wisuda hari ini.

Terima kasih yang sama pula saya sampaikan kepada para orang tua dan keluarga para mahasiswa, khususnya para orang tua wisudawan dan wisudawati serta semua pihak yang tidak dapat saya sebutkan satu per satu dalam sambutan ini atas peran serta dukungannya dalam upaya mengembangkan lembaga ini.

Khusus kepada Bapak Melky Goeslaw dan Bapak Ir. L. Rumadas, M.Si yang telah menciptakan dan menyumbangkan lagu Hymne Universitas Negeri Papua, saya menyampaikan rasa hormat dan ucapan terima kasih yang setulus-tulusnya.

Demikianlah sambutan ini, dan atas perhatian Bapak, Ibu, Saudara serta hadirin sekalian, saya ucapkan terima kasih. Semoga Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang senantiasa melimpahkan Anugerah-Nya kepada kita sekalian.

Manokwari, 3 November 2001

Rektor/Ketua Senat Antar Waktu,

Prof. Dr. Ir. Frans Wanggai.


  © Copyright UNIPA - ANU - UNCEN PapuaWeb Project, 2002-2004.

honai/home page
honai/home page
Papuaweb