asia www v-l logo - P a p u a -
(Indonesia)
honai/home page pacific www v-l
Asian WWW VL competition (Perpustakaan - Virtual - Library) homepage Pacfic WWW VL

wwwvl.gif The World-Wide Web Virtual Library    Indonesia || Papua New Guinea
[Alphabetical || Category Subtree || WWW VL database || WWW VL Global Search]
Ditulis oleh by Michael Cookson (Update terakhir Desember 16, 2002)

MENGENAL PAPUAWEB WWW-VL

Papuaweb ini merupakan list atau daftar dengan komentar dan catatan-catatan penting serta bertujuan sebagai panduan menuju berbagai sumber tentang Papua melalui world wide web (WWW). Hasilnya adalah suatu www perpusatakaan maya atau WWW virtual library (WWW-VL) dari sumber-sumber yang berkaitan tentang Papua. Web ini juga memberikan referensi budaya, ekonomi, sosial dan politik dalam jumlah yang amat luas, dan mencerminkan komitmen Papuaweb untuk menyediakan sumber penelitian yang substansial tetapi tidak teralinasi. Perpustakaan Maya Papuaweb tidak mendaftar semua www maupun homepage yang berkaitan dengan Papua (hal ini telah diusahakan di http://papua.pagina.nl, suatu website yang merupakan sumber yang sangat berguna dalam menciptakan komentar maupun catatan dalam list ini) Selain itu Papuaweb juga memberikan konteks dan catatan singkat dari webpage, homepage maupun website kunci yang terpilih. Juga direkomendasikan bagi para peneliti yang menggunakan web panduan ini untuk juga Van Baal et al (1984) ‘’Irian Jaya: A Bibliography’’ (KITLV, Leiden) yang masih menjadi referensi umum terbaik dari materi terbitan tentang Papua.

Untuk Diperhatikan: Papuaweb tidak mendukung semua links yang dirujuk oleh page ini dan disarankan agar semua sumber hendaknya digunakan secara selektif dan dipahami sebagaimana mestinya. Banyak artikel diterbitkan di World Wide Web yang isinya tidak dikerjakan dengan hati-hati atau bertanggungjawab dan hampir semuanya berada di luar sistem laporan berimbang. Sementara institusi-institusi lebih tertarik pada kredibilitas mereka yang berupaya menyediakan informasi berbasis web yang bisa dipercaya, namun website paling impresif sekalipun penulisannya masih ada bias individu maupun organisasi. Oleh karena itu para peneliti didorong untuk memiliki kemampuan untuk membeda-bedakan dan memilah serta memberikan penilaian secara kritis dalam pertimbangan mereka terhadap semua sumber yang berbasis web.

Perlu ditambahkan bahwa sementara bagian berikut ini telah mendapatkan anotasi ataupun catatan dan komentari, namun bagian lain (dengan indikasi tanda *) masih belum diberi anotasi. Hal ini merupakan proses yang memerlukan waktu dan dasar www yang dinamis dimaksudkan agar daftar ini merupakan karya yang terus berlanjut. Di masa datang mungkin bisa di tata kembali ke dalam suatu database yang memiliki anotasi semua dimana website dan webpage bisa dicari dengan katakunci dan diambil sebagai suatu daftar atau list. Kami menerima komentar Anda, saran untuk situs tambahan dan kontribusi Anda untuk the Papua WWW-VL. Kami juga berharap Anda memberi tahu kami jika ada link atau hubungan ke situs-situs lain yang terputus. Silakan kirimkan surat Anda langsung ke webmaster@papuaweb.org

Beberapa Tips yang berguna:

  • www-vl memiliki daftar banyak webpage maupun website yang pasti memiliki relevansi dengan Papua tanpa membatasi pada kelompok bahasa tertentu. Kode akhiran negara untuk World Wide Web merupakan indikator dari bahasa yang digunakan dalam berbagai page maupun situs. Negara tuan rumah sutu website bisa diidentifikasi dengan singkatan pada akhir dari semua alamat website. Misalnya untuk situs Indonesia (www... id), situs Australia (www....au), situs Belanda (www....nl), situs Jerman (www.....de), situs Inggris (www...uk), situs Jepang (www....jp), dsb. Untuk situ-situs yang terdaftar di Amerika Serikat (dengan singkatan USA maupun US), kode negara hampir selalu diabaikan meskipun website-website itu tidak selalu dalam bahasa Inggris. Untuk menghindarkan dari ambiguitas dari webste yang terdaftar dalam tulisan di sini bila isi bahasanya tidak ada hubungan dengan engara dengan kode URL maka akan diberikan simbol bahasa yang terpisah. Misalnya, www.infopapua.com merupakan website yang terdaftar di Amerika Serikat sehingga orang berharap bahwa situs berbahasa Inggris meskipun, berbasis di Jayapura dan hanya untuk kalangan Indonesia saja. Website tertentu terdaftar dengan singkatan negara (mengikuti sistem www yang telah dijelaskan di atas) untuk menandai bahasa dominan yang dipakai dalam page itu (misal ‘’ID: www.infopapua.com ‘’). Jika bahasa Inggris disediakan sebagai alternatif dalam sutu website yang tidak terdaftar pada negara-negara yang berbahasa Inggris, hal ini ditandai dengan (E: www........) dan bukan dengan menggunakan penunjuk negara seperti .uk, .au, dsb.
  • Tidak semua URL (Universal Resource Locators) yang terdaftar di sini secara langsung berhubungan dengan webpage Papua, meskipun secara isi berhubungan dan bisa ditemukan melalui sistem pencari lokal pada situ-situs-situs itu. Hal ini dilakukan dengan dua alasan: 1) Beberapa website memang tidak boleh secara langsung berhubungan dengan webpage ini; 2) Ketika terjadi referensi ganda untuk Papua pada website tunggal, hal ini lebih efisien begi pengguna untuk terlebih dahulu dihubungkan ke URL dimana mereka bisa menggunakan pencari lokal untuk Papua.
  • Pengguna sistem pencari hendaknya mengingat untuk menggunakan kata kunci (yang berhubungan dengan indikasi tahun) saat mencari informasi tentang Papua (terminologi tambahan yang berguna adalah ‘’West New Guinea’’, ‘’New Guinea Barat’’ dan ‘’West Papua’’):
          ‘’Netherlands New Guinea’’, Netherlands Niew Guinea’’ atau ‘’Nederlands Nieuw Guinea (sebelum 1962)
          ‘’West Papua’’ (sesudah 1961)
          ‘’Irian Barat’’ (1962-1973)
          ‘’Irian Jaya’’ (sesudah 1973)
          ‘’Papua’’ (sesudah 2000)
  • URL adalah ‘’hot-linked’’ tetapi URL nama samaran tidak bisa digunakan dalam webpage. Hal ini artinya pemakai bisa mencetak atau mengkopi dari teks ini dan memiliki URL semua secara rinci.
  • Links dengan URL didaftarkan dengan ‘’http://’’ tidak bisa mendapat jika Anda tidak memakai awalan "http://...".
  • Website dan Webpage sering berubah alamat (URL) tanpa pemberitahuan terlebih dahulu dan banyak website dan webpage diluncurkan tanpa pengelolaan lebih lanjut atau hilang sama sekali dari peredaran. Papuaweb menjaga links atau kontak ke website maupun webpage yang hilang, karena sekarang ini banyak www page yang tidak lagi mempunyai URL, bisa ditemukan dengan menggunakan the Way-Back-Machine. Pelajari lebih lanjut tentang hal yang luar biasa ini pada WWW Museum di www.archive.org.

Catatan: Versi ini merupakan versi komprehensif dari review ‘’Papua on Net’’ yang ditulis untuk Inside Indonesia Edisi Khusus tentang Papua no. 67 (lihat www.insideindonesia.org).



  © Copyright UNIPA - ANU - UNCEN PapuaWeb Project, 2002-2004.

honai/home page