Catatan dan Panduan menuju ke 57 website atau webpage yang berhubungan dengan Papua dengan tema umum:

Berita dan Media Online tentang Papua

Berita terbaru tentang Papua? Kunjungi Kabar Irian (atau Berlangganan layanan berita harian yang bagus ini

Kelompok berita dan ‘’ruang’’Ngobrol’’

Salah satu cara yang efisien dan tidak mahal untuk mendapatkan informasi dari internet adalah melalui Newsgroup atau Kelompok Berita. Dengan Newsgroup berita pendek bisa langung dikirim kepada pelanggan yang tetap online untuk sementara waktu dan kemudian memindahkan kebutuhan untuk mengujungi mencari webpage lain. Dalam jangka waktu beberapa tahun kelompok berita ini menjadi cara yang paling populer di kalangan orang-orang (dan organisasi) dengan ketertarikan terhadap Papua dan berbagi informasi dan pemikiran satu dengan yang lainnya. Sekarang beberapa kelompok berita tentang Papua ini mengumpulkan berita sehari-hari dari beberapa surat kabar atau jasa berita lain di Indonesia maupun di luar negeri. Mereka juga mempercayai orang-orang yang secara individual di Papua maupun tempat lain di Indoensia yang menulis ulang beberapa cerita maupun berita lokal ke dalam format digital yang kemudian bisa dikirim lewat e-mail ke newsgroup ini untuk kemudian didistribusikan. Berita berbahasa Indonesia dipertimbangkan menjadi prioritas utama yang bisa diterjemahkan baik ke bahasa Indonesia sendiri maupun oleh pengelola newsgroup diterjemahkan ke bahasa lain untuk sirkulasi yang lebih luas, biasanya ke bahasa Inggris, Jepang maupun Jerman (Sebagian besar para peneliti dan aktivis Belanda bisa menggunakan sumber berbahasa Inggris). Secara khusus newsgroup ini terbuka untuk siapa saja yang tertarik secara individual maupun organisasi dengan alamat email dan gratis.

Sementara berlangganan pada newsgroup yang berfokus pada Papua/Irian Jaya telah bertumbuh pada beberapa tahun lalu, layanan ini terus menerus disediakan oleh beberapa list yang populer dan sudah tetap. Kabar-Irian (www.kabar-irian.com ), sebuah newsgroup yang disediakan oleh www.irja.org Inc. telah memposted berita-berita bagi siapa saja yang tertarik tentang masalah Papua/Irian Jaya sejak tahun 1994 . Kabar Irian mengelola beberapa newsgroup yang moderat dan melakukan editing dalam Bahasa Inggris maupun Indoensia sebagai posting harian maupun dalam bentuk ringkasan ( lihat www.kabar-irian.com/news/index.html yang juga bisa membuat arsip untuk pesan-pesan ini). Dua kelompok yang paling populer dengan tidak melakukan editing maupun tidak moderat atau kelompok ‘’chat’’ (keduanya memiliki sekitar 200 pelanggan) adalah lists ‘’West Papua Nes’’ (dulu reg.westpapua, sekarang di www.topica.com/lists/wesPapua) dan ‘’Kabar-L’’ (http://group.yahoo.com/group/irianjaya). Diskusi pada sebagian besar kelompok chat ini bisa dibaca tanpa berlangganan (dengan menggunakan pencari lokal pada www.egroups.com atau kunjungi http://groups.yahoo.com/irianjaya , http://groups.yahoo.com/group/westpapoea atau http://groups.yahoo.com/group/free-papua ). Hal ini lebih mudah untuk berlangganan maupun tidak pada kelompok berita ini dan mereka tidak memberikan alamat email anda pada pemasang iklan untuk memasok junk mail (iklan yang tidak dikehendaki). Sementara kelompok yang tidak moderat, mereka cenderung untuk berkonsentrasi pada distribusi berita tentang Papua atau tentang masalah-masalah Papua lain yang lebih spesifik.

Merupakan pendapat yang salah jika mengasumsikan bahwa ‘’chat’’ group yang melibatkan orang-orang yang tinggal di Papua atau orang papau selalu berfokus tentang politik maupun kepedulian sosial. Beberapa ‘’chatroom’’ memberikan layanan seperti forum yang penting untuk anak-anak dan remaja dan semacamnya untuk saling bicara dan berbagi berbagai macam pemikiran tentang kehidupan mereka, budaya mereka, ketertarikan maupun pengalaman mereka. Beberapa di antaranya termasuk Anak Papua (www.geocities.com/toshimdp ), Anak Irian (www26.brinkster.com/anakpapu/Default.asp ), Lingkaran Abepura (http://lingkaran-abe.org) , IRC Jayapura (www.playing.at/jayapura) dan page tentang gaya hidup kaum muda Papua (http://comentgaul.com ). Cara lain untuk orang-orang untuk mengekspresikan pemikiran tentang Papua (contoh untuk hal ini akan dibahas lebih lanjut pada bagian pariwisata dan WWII), sebagian besar fitur pages secara spesifik dirancang untuk debat kontemporer tentang politik dan budaya Papua (meskipun tidak selalu oleh orang Papua sendnri). Misalnya homepage Waruno Madhi (lihat http://w3.rz-brlin.mpg.de/~wm/PAP/#IRBA1 yang memuat tentang Papua) atau refleksi Jos Marey tentang sejarah Papua (www.initiativesofchange.nl/17apr02.html) hingga ‘’Bob and Earthman’’ (http://earthpeople1.freeyellow.com/index.htm#tagl )

Berita, Surat Kabar, Media siaran dan ‘’clearing houses’’

Ada dua surat kabar Papua yang terkemuka dan terkait dengan konsorsium media di Indonesia yaitu Cenderawasih Pos (www.cenderawasihpos.com) dan Timika Pos (www.indomedia.com/timikapos ). Keduanya memiliki website di Indonesia. Surat kabar yang khusus tentang Papua lainnya dengan tayangan online termasuk harian Jayapura yaitu Papua Post (www.papuapost.com) dan West Papua Courier, sebuah newsletter berbahasa Belanda yang diterbitkan untuk komunitas Papua yang tinggal di Belanda (www.westpapua.nl ).

Berita tentang Indonesia secara dengan cakupan yang luas sekarang juga tersedia melalui world wide web mengikuti pelopor kolompok media online seperti Detik.com (www.detik.com), Kopi Time (www.kopitime.com) dan Astaga (www.astaga,com ). Sementara itu surat kabar-surat kabar terkemuka di Indonesia seperti Kompas (www.kompas.com), Republika (www.republika.co.id), Surabaya Post (www.surabayapost.co.id) dan Suara Pembaruan (www.suarapembaruan.com) menawarkan edisi online yang komprehensif di Indonesia, beberapa suratkabar dengan pembaca ekspatriat sangat besar seperti The Jakarta Post (www.thejakartapost.com) dan Indonesian Observer (www.indoexchange.com/indoensian-observer ) menawarkan berita dengan bahasa Inggris yang cukup baik. The Jakarta Post juga memiliki arsip berita yang banyak dan bisa diakses melalui homepage, meskipun anda harus mendaftar terlebih dahulu. Lihat juga ‘’Internews Indonesia’’ untuk sumber-sumber berita online berbahasa Inggris dan Indonesia (www.internews.or.id ). Ada juga sejumlah majalah yang memiliki artikel tentang Papua secara teratur dan disajikan dalam bahasa Inggris seperti Tempo (www.tempo.co.id) dan Gatra (www.gatra.com ) dan publikasi lain di luar Indonesia termasuk the Far Eastern Economic Review (www.feer.com ) dan Inside Indonesia (www.insideindonesia.org) dengan Edisi Khusus tentang papua pada www.insideindonesia.org/edit67/edit67.htm ).

Di Belanda KITLV (Koninklijk Instituut voor Taal-, Land- en Volkenkunde atau Institut Kerajaan untuk Linguistik dan Antropologi) memiliki berita harian tentang Indonesia yang bekerjasama dengan laporan Kabar-Irian (http://iiasnt.leidenuniv.nl:8080/DR/ByDay) sementara NRC-Handelsblad, sebuah suratkabar harian berbahasa Belanda memiliki arsip tentang Papua yang terus bertambah (www.nrc.nl/W2/Lab/Papoeas). Suratkabar Australia juga telah membuat tulisan feature tentang peristiwa di Papua secara teratur dan hampir semua kabar terbaru tersedia online (misalnya www.theaustralian.com.au) . Di Jepang ada juga yang memuat tentang Papua secara signifikan yaitu di website the Indoensian Cultural Plaza dengan jurnalis dari majalah ‘’Gamma’’ Seichi Okawa (www.harapan.co.jp/indonesia/gbi/gbi_index.htm Anda perlu memperbsar karakter gambar dan tulisan untuk browser web Anda agar situs ini bisa dibaca)

Jaringan Televisi dan radio juga memadukan informasi revolusi www dan kebanyakan mereka menawarkan penempatan berita dan kejadian yang sedang berlangsung di Papua secara multimedia. Pencari lokal di website Radio Republik Indonesia (www.rrionlinde.com), Australian’s national broadcaster (www.abc.gov.au) dan website the World News dari Australia’s Special Broadcasting Service (www.theworldnews.com.au) akan memperbanyak laporan multimedia kontemporer tentang Papua seperti juga pencari sejenis di laporan luar negeri Radio Netherland (wereldomroep at www.rnw.nl , yang memiliki fitur khusus tentang Aceh dan Papua di www.rnw.nl/ranesi/html/promo_fawp.html). BBC One (BBCi di www.bbc.co.uk) juga memiliki laporan berita mengenai Papua secara teratur dan suatu pencari di sini yang bisa mendapat link ke BBC World Service (Short Wave Radio) yang mengikuti secara langsung perkembangan politik di Papua sejak beberapa tahun lalu. Webpage-webpage tentang radio alternatif yang memuat tentang Papua bisa ditemukan di Belanda di Radio Papua Nieuwegein (http://home.planet.nl/~papu/SPPGN.htm ), Radio Tjampoer Adoek (http://home.planet.nl/~kotte027) dan kadang-kadang muncul juga tentang Papua di situs radio Indonesia seprti Kampung Melayu (www.kampung-melayu.com ) .

Jaringan regional baik formal maupun informal sering merupakan berita yang cukup berharga tentang Papua dan sekitarnya (gunakan sistem pencari lokal untuk situs-situs ini untuk menemukan hal-hala yang berkaitan dengan Papua. Jaringan ini termasuk program riset universitas seperti ‘’Coconet’ di University of Queensland (www.uq.edu.au/coconet) South Pacific Information Network (Jaringan Informasi Pasifik Selatan ) di Australian National University (http://sunsite.anu.edu.au/spin) dan ‘’Pacific Island REport’’ (Laporan Kepulan Pacifik) dari East West Centre di University of Hawaii (http://pidp.ewe.hawaii.edu/pireport, semuanya dengan sumber-sumber arsip maupun yang sedang terjadi tentang Papua dan sekitarnya. ‘’Clearing houses’’ lain adalah aliansi kerjasama LSM untuk meningkatkan kesadaran tentang permasalahan regional yang spesifik seperti the European Centre on Pacific Isses atau Isu Pusat Eropa untuk Pasifik (www.antenna.nl/ecsiep )the Pacific People’s Partnership (dulu the South Pacific People’s Foundatioan di www.sppf.org ) atau the Southeast Asian Science Policy Advisory Network (www.icsea.or.id/sea-span/index.cfm). Laporan yang lebih kritis tentang peristiwa di wilayah ini juga tersedia melalui jaringan informal seperti ‘’Alternative Indonesian news’’ di Jepang (http://webclub.kcom.ne.jp/ma/n-saeki) atau ‘’Watch Indonesia’’ di Jerman (E: home.snafu.de/watchin )